Selasa, 31 Mei 2011

French Press / Plunger

Kembali ke ritual sarapan, tapi kali ini kopi akan diseduh dengan alat yang disebut dengan French Press atau mungkin lebih dikenal dengan istilah Plunger. Kopinya sendiri bisa kopi bubuk (bukan kopi instan lho) yang ada di Supermarket (disarankan yang kopi Arabika dan mohon dilihat tanggal roastingnya), jika mempunyai grinder kopi (seperti tampak dalam gambar) maka akan lebih baik membeli roasted beansnya.


Nah .... ini ada "ritual"nya juga alias tahap-tahap dalam membuatnya, monggo disimak:

Tahap 1
Pilih bubuk kopi yang agak kasar, karena jika terlalu halus maka akan bisa lolos dari filter sehingga sisa-sisa bubuk kopi akan terbawa pada saat hasil seduhan kopi dituang ke dalam gelas.


Tahap 2
Angkat tutup beserta filter yang menyertainya dari gelas French Press.

Tahap 3
Untuk jumlah bubuk kopi yang dimasukkan, biasanya ada indikasi yang ditunjukkan oleh masing-masing French Press, coba sebelum Tahap 2 di atas, dalam keadaan kosong tekan filter ke bawah maka akan ada ruang kosong di bawah, nah itu tanda paling gampang untuk kita memasukkan bubuk kopi adalah sebesar ruang kosong itu.



Atau jika mau memakai rumus juga bisa (tetapi tergantung kapasitas dari French Press itu sendiri), dalam hal ini misalnya untuk single cup alias hasil akhirnya adalah 1 gelas dengan kapasitas 6oz (sekitar 180 ml), maka takaran bubuk kopi adalah antara 8 gram sampai dengan 10 gram, disesuaikan dengan seler
Tahap 4
Untuk air panasnya, kuncinya adalah air tidak boleh dalam keadaan mendidih kemudian langsung dituangkan. Karena itu akan merusak cita rasa dari kopi itu sendiri, akan lebih baik dari posisi air mendidih kemudian kita matikan apinya dan biarkan air itu selama antara 1 s/d 2 menit agar didapat suhu antara 90 s/d 95 derajat celcius.



Semua proses membuat kopi adalah tidak mutlak tetapi variannya mendekati, karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti jenis kopinya, di posisi apa sang kopi diroast dan yang utama adalah selera dari yang akan meminumnya.

Tahap 5
Tentunya tuang air panas dengan suhu 90 s/d 95 derajat celcius, akan terlihat bubuk kopi naik ke atas. Biarkan ..... oh iya, siapkan stop watch untuk memulai ritual 4 menitnya.

Tahap 6
Setelah 1 menit, gunakan sendok plastik atau kayu (jangan menggunakan sendok stainless atau besi, jika kita tidak hati-hati waktu mengaduk bisa merusak gelas). Aduk secara santai tidak sampai 30 detik.

Tahap 7
Tutup dari French Press yang ada filternya sudah boleh dipasangkan, tetapi jangan ditekan dulu filternya sampai genap paling tidak 4 menit.

Tahap 8
Begitu stop watch menunjukan 4 menit, secara perlahan-lahan tekan filter dari French Press sampai ke dasar. Pada prinsipnya makin kasar butiran kopinya akan memakan waktu laebih lama dari 4 menit yang dianjurkan. Kopi yang berbeda pula memerlukan keseimbangan yang berbeda pula antara butiran-butiran kopi (grind coffee) dan lama dari proses brewingnya.

Tahap 9
Tunggu sekitar 30 detik agar sedimentasi dari bubuk kopi dibawah filter memadat, setelah itu tuangkan semua air kopinya ke dalam gelas kita. Maksudnya kenapa kok harus menuangkan semuanya ? Karena kalau kita menuang sedikit ke gelas, kemudian nanti sedikit lagi, efeknya adalah cita rasa kopi akan berubah karena yang tertinggal di dalam French Press akan terus bereaksi.



Dalam contoh ini, kebetulan saya ingin meminumnya dengan susu kental manis es alias dingin, tetapi biasanya proses ini untuk kopinya diminum panas.

Selamat menikmati dan selamat bereksperimen ........ kopiku enak kopiku muantabssssss ..... hehehehe 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar