Rabu, 25 Mei 2011

Stitching (Menggabungkan beberapa foto menjadi 1) utk Landscape


Seperti foto di atas adalah hasil penggabungan dari 5 foto yang digabungkan menjadi 1 via "digital darkroom" alias komputer dengan program standard .... Photoshop.

Stitching sendiri pada jamannya (maksudnya sebelum era digital) adalah pekerjaan yang sangat-sangat merepotkan, karena pada saat pengambilan fotonya sendiri si fotografer harus memperhatikan efek distorsi dari lensa pada tiap-tiap foto yang dibuatnya, karena akan mempersulit dalam penggabungan secara manual pasca cetak foto. Hal yang sangat berbeda di era digital ini, dengan efek distorsipun masih bisa diperbaiki di Photoshop.

Seperti foto di bawah ini adalah hasil dari 4 foto yang digabungkan jadi 1 .....


..... dan inilah kondisi foto-foto waktu masih berdiri sendiri-sendiri :





Yang perlu diingat dalam menggabungkan foto-foto adalah menetapkan batas-batas di mana tiap foto akan disatukan. Untuk mempermudah, pakailah lensa normal misalnya lensa 50mm karena tidak mengandung distorsi. Tapi bagi yang sudah lumayan bisa memanfaatkan Photoshop, pakai lensa-lensa a bit wide seperti lensa 35mm juga bisa tinggal nantinya diperbaiki unsur distorsinya di Photoshop.

Untuk membuat foto-foto sedetail mungkin, pergunakan bukaan diafragma yang kecil (angka "f" makin besar), misalnya f/16, f/20 dengan memakai ISO/ASA kecil misalnya ASA 100 plus disesuaikan dengan pencahayaan yang diinginkan.

Akhirnya ..... selamat mencoba ..... (tambahan 1 foto lagi di bawah yah yang merupakan gabungan dari 3 foto yang diambil masing-masing dengan lensa 28mm ..... bisa dilihat dari efek distorsi di 3 titik) .....


Semua foto diambil dengan DSLR Canon 50D dengan lensa Canon 17-40mm f/4 L ........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar